Gorden selain untuk penutup jendela, juga memiliki fungsi estetis untuk memperindah rumah. Oleh karena itu, sebaiknya pilih gorden yang dapat berfungsi sebagai keduanya agar rumah tampak enak dipandang mata dan menghadirkan kenyamanan.

Dilihat dari bahan pembuatnya, gorden dibagi dalam dua jenis yaitu curtain dan blind. Curtain adalah gorden yang dibuat dari bahan kain (pabrik), sedangkan blind adalah tirai (penutup jendela) yang dibuat dari bahan – bahan aluminium, PVC, bamboo, kayu solid, atau fiber. Baik curtain maupun blind, memiliki jenis yang beraneka ragam. Penamaan setiap jenis biasanya berdasarkan pada model dan cara mengoperasikannya.

Dalam curtain, misalnya ada yang dikenal dengan gorden klasik dan modern. Yang termasuk ke dalam jenis curtain adalah kain gorden tipis atau transparan yang disebut vitrage atau vitrace. Jenis gorden ini biasanya digunakan sebagai pelapis gorden penutup jendela, fungsinya menghalangi pemandangan dari luar ketika gorden dibuka. Seperti halnya curtain, blind juga memiliki jenis atau nama yang berbeda – beda, ada horizontal blind, roman blind atau roman shade, dan roll blind.

Horizontal blind adalah tirai atau penutup jendela yang berfungsi sebagai pengatur cahaya secara horizontal, modern, praktis, dan anggun. Terbuat dari slat aluminium atau bahan yang ringan dan antikarat dengan berbagai macam warna. Terdapat tiga jenis horizontal blind, seperti standar dengan berbagai macam warna, perforated (berpori), dan motif kayu. Minimal ukuran lebar dan tinggi dihitung 1 meter.

Roman shades adalah salah satu fashion blinds yang simple, tampak terkesan mewah, dan praktis. Yang dirancang khusus dari bahan kain dengan variasi renda dan motif – motif yang cocok untuk jendela ruangan modern dan minimalis. Blinds jenis ini dioperasikan dengan cara menarik ke atas dan memberikan efek gorden yang terlihat seperti lipatan – lipatan.

Sementara itu, roller blinds memberi kesan sederhana, praktis, dan mudah digunakan. Dan tetap berfungsi sebagai tirai yang menjaga privasi dan kenyamanan Anda ketika berada di dalam rumah maupun di kantor. Roller blinds dioperasikan dengan sistim kain gulung naik dan turun.

Selain itu, yang terpenting ketika akan membeli gorden adalah sesuaikan dengan ukuran jendela ruangan Anda. Tidak hanya itu, diperlukan juga mengukur panjang dan lebar dinding tempat jendela. Hal ini untuk memastikan apakah Anda menginginkan model gorden yang tinggi menjuntai ke bawah hingga menyentuh lantai atau gorden kecil yang memiliki ukuran tanggung. Selain besarnya jendela maupun dinding, ukuran gorden tentu disesuaikan dengan fungsi ruangan yang akan ditempatkan.


Sumber: https://klasika.kompas.id


Share:

Artikel Pilihan Lainnya


Tips Perawatan Roller Blinds

Cara Perawatan / Perawatan Roller Blinds


Alasan Memilih Roller Blinds

Informasi / Alasan Memilih Roller Blinds


Gorden Roman Shade Untuk Rumah yang Minimalis

Artikel / Gorden / Roller Blinds


Tips Kreatif Manfaatkan Sudut Kosong di Rumah

Tips / Memanfaatkan Sudut Kosong di Rumah


Istilah dan Penjelasan Product Abcon

Artikel / Penjelasan / Produk Abcon