Untuk memasang tirai mungkin tampak sederhana. Namun, kenyataannya memasang tirai membutuhkan perhatian khusus. Seperti halnya memilih properti rumah yang lain, tirai bisa memberikan perubahan signifikan dalam tampilan rumah. Sebelum memilih tirai, Anda harus mengenali terlebih dahulu point of interest atau daya tarik ruang yang ingin Anda tonjolkan. Jangan sampai pilihan gorden Anda memberikan kesan “ramai” pada ruangan. Namun, jika ruangan tak mempunyai point of interest, Anda justru bisa menjadikan tirai sebagai daya tarik utamanya dengan memilih material yang memiliki motif atau warna memikat.

Tirai bisa menciptakan suasana tertentu di dalam sebuah ruangan. Oleh karena itu, sebaiknya tirai terlihat serasi dengan tema ruangan. Secara umum, tema-tema ruangan yang kerap muncul antara lain minimalis, klasik, atau eklektik.

Gorden yang polos atau bermotif kecil-kecil biasanya pas untuk ruangan bergaya minimalis. Warna-warna natural yang solid juga cocok untuk tirai ruangan minimalis. Meski minim motif, Anda bisa bermain-main dengan tekstur dan rel tirai yang diekspos.

Ruangan dengan gaya klasik bisa menggunakan tirai yang selaras dengan warna ruangan. Kesan yang ditimbulkan, teduh. Hindari pemilihan bahan yang terlalu berat atau tebal. Ini bisa menjadikan ruangan tampak kaku. Bahan-bahan ringan seperti satin akan lebih pas untuk ruangan bergaya klasik. Untuk motif, Anda bisa memilih pola floral.

Anda dapat lebih fleksibel di ruangan eklektik yang memadukan gaya kontemporer, tradisional, atau klasik. Anda dapat memadupadankan motif. Untuk warna tirai, lebih aman Anda mengarahkannya pada warna yang mendekati warna alam seperti putih gading atau warna jerami. Meski begitu, tak ada salahnya jika Anda ingin menggunakan warna-warna yang lebih berani.

Selain tirai kain, Anda bisa menggunakan kerai atau penutup jendela nonkain. Jenisnya antara lain roller blind (yang diturunnaikkan dengan digulung ke atas) atau vertical blind (yang menutup atau membuka dengan pergerakan bergeser ke samping). Jenis ini cocok untuk Anda yang menyukai kepraktisan dan penampilan ruang yang simpel.

Roller blind dan vertical blind juga lebih tidak tembus cahaya dibandingkan tirai biasa sehingga Anda bisa lebih mudah mengatur intensitas cahaya yang diinginkan di dalam ruangan. Dengan pemilihan tirai yang tepat, ruangan pun akan terlihat fungsional dan estetis.


Sumber: https://klasika.kompas.id


Share:

Artikel Pilihan Lainnya




Memilih Tirai Cantik untuk Kamar Tidur

Informasi Umum / Cara Memilih Tirai


Gorden Roman Shade Untuk Rumah yang Minimalis

Artikel / Gorden / Roller Blinds


Cara Mengatur Pencahayaan Ruangan Sebuah Rumah

Tips / Mengatur Pencahayaan Rumah