Menata bagian pojok ruangan itu gampang – gampang susah. Biasanya sudut ruangan tidak cukup luas untuk meletakkan perabotan yang besar. Selain itu, akan menjadi tempat tumpukan barang yang tidak terpakai lagi. Tumpukan ini juga sering menjadi sarang kecoa, semut, dan serangga lainnya. Oleh karena itu, manfaatkan sudut ruangan seefektif mungkin. Berikut ini bisa menjadi inspirasi penataan sudut – sudut di ruangan rumah Anda.

Dimulai dengan kamar tidur. Bila sudut ruangan terbilang sempit, tempatkan koleksi foto pribadi. Jika ruangan tersisa cukup lebar, tempatkan standing lamp sebagai penerangan dalam kamar. Cara lain, letakkan meja rias kecil lengkap dengan kursi kecil dan penerangan. Jika sudut ruangan menghadap ke jendela, tempatkan kursi yang nyaman untuk membaca.

Kemudian ruang tamu, jika sudut ruang tamu cukup sempit, letakkan guci atau standing lamp. Jika sudut cukup luas, bisa letakkan lemari kaca berisi pajangan koleksi pribadi, piano, atau minibar.

Selanjutnya, ruang keluarga. Jika ruangan ini terasa kosong, letakkan lemari pajangan koleksi keluarga seperti piring – piring keramik atau barang elektronik misal lemari es atau dispenser. Jika meletakkan barang – barang elektronik, tutup barang – barang tu menggunakan kain penutup khusus agar tampil cantik.

Biasanya, kamar mandi berukuran tidak terlalu besar. Namun, terkadang tersisa ruang kosong pada bagian sudutnya. Anda bisa meletakkan benda – benda perlengkapan mandi dengan rak khusus. Dan pilih bahan yang tidak mudah berkarat atau berjamur.

Terakhir, teras rumah. Bagian ini juga sering menyisakan ruang kosong pada bagian sudutnya. Tempatkan pot yang berisi tanaman. Pot – pot ini juga bisa diletakkan dalam rak bersusun jika sudut teras masih tersedia ruang yang lapang.

Sebagai sentuhan untuk mempercantik tampilan sudut ruangan, pilih model perabotan atau furnitur yang lebih menonjol sehingga menjadi pusat perhatian misal, bentuk standing lamp yang melengkung dan unik atau kursi empuk bermotif. Sesuaikan tema perabotan dengan konsep ruangan dan cat dinding.

Agar lebih bagus, tata pencahayaan. Tempatkan lampu – lampu yang mengarah pada sudut ruangan agar bagian ini tampak menonjol. Semprotkan pengharum ruangan pada bagian ini agar lebih wangi. Dan jangan lupa, bersihkan sudut ruangan secara rutin agar bebas dari debu dan sarang laba – laba.


Sumber: https://klasika.kompas.id

Share:

Artikel Pilihan Lainnya


Tips Perawatan Roller Blinds

Cara Perawatan / Perawatan Roller Blinds




Cara Mengatur Pencahayaan Ruangan Sebuah Rumah

Tips / Mengatur Pencahayaan Rumah